Jumat, 29 Juni 2007
Kebaya Mbok Ijah
“Assalamualaikum” suara cempreng dari arah pagar depan mengejutkanku.


“Waalaikumsalam ... “


“Dari mana kamu Vin, tumben jam segini baru pulang”, Vivin yang malam itu terlihat letih sekali, langsung merebahkan tubuh mungilnya di atas sofa.


Vivin temanku yang unik, tanpa terasa sudah hampir satu tahun aku tinggal denganya. Vivin temanku yang cuek, jail, terkadang licik, tubuhnya yang kecil membuatnya terlihat lincah seperti bola bekel.


“Gue habis pergi sama Mas Andi, Ta.” Vivin menjawab dengan datar dan suara yang letih sekali. Mendengar jawaban Vivin aku sedikit lega, karena ternyata dia habis pergi dengan pacarnya.


Ku ambilkan air putih dingin plus es batu di dalamnya, karena aku tahu kalau sedang kecapean seperti ini Vivin suka sekali minum air es, plus es batunya dia kunyah, mungkin kalau tidak aku cegah gelasnyapun akan ditelan.


“Thanks Ta ... kok elu belum tidur ?, khawatir sama gue ya ?” Vivin cengengesan, dia memang tipe anak yang pede, saking pedenya terkadang nyaris dia tak punya malu. Untungnya sebagai teman aku selalu mengingatkan untuk mengecek urat malunya supaya jangan sampai benar-benar putus.


Aku kembali ke depan TV, sambil melanjutkan megisi TTSku. “Ya .. iyalah Vin, aku khawatir sudah larut malam begini kamu belum pulang, seharusnya lain kali kamu kasih kabar ke aku. Dan yang lebih bikin aku khawatir bagaimana kalau kamu dak pulang ke kostan”.


“Oh ... Tata segitu sayangnya ya lu ke gue”. Vivin beranjak dari sofa dan duduk di sampingku.


“Iya ... ding Vin, kalau aku gak sayang sama kamu, nanti kamu pindah lagi dari kostan ini, dan kalau kamu pindah aku harus kolekan sama siapa buat bayar makan kita tiap bulan. Disini kami memang patungan tiap bulanya untuk makan, dan uang hasil kolekan kami serahkan ke mbo Ijah biar dia yang mengatur.


“ah ... elu Ta, gue pikir lu benar-benar sayang sama gue sebagai teman” Vivin mencubit lenganku, lalu dia masuk ke kamarnya, dan akupun tertawa melihat tubuh kecilnya meninggalkanku.


******


“Neng Tata, sudah siang mau kuliah gak ?” suara lembut Mbo Ijah membangunkanku.


Setiap pagi suara lembut Mbok Ijahlah yang membangunkan kedua gadis manis di rumah ini.


Aku bangun dan duduk di kursi malas yang berada di ruang tengah “Jam berapa sih Mbok ?”


“Sudah jam 5 pagi neng Tata “jawab Mbok Ijah dengan suara lembutnya dan logat jawa halusnya.


“Aduh si Mbok ... jam 5 kok dibilang sudah siang sih” aku menguap lebar, dan nyaris menyedot semua barang yang ada di rumah.


“Loh .. neng Tata piye toh, bukanya neng Tata yang nyuruh si Mbok mbangunin neng jam 5”.


“oh ... Iya ... ya Mbok, maaf saya lupa” sambil pasang tampang mengingat ingat.


“sini Mbok ... biar saya yang nyapu” aku ambil sapu yang bertenggar di tangan Mbok Ijah.


Kuhidupkan CD playerku dan lagu lagu Balawan kesukaanku berkumandang menemaniku menyapu, pekerjaan yang jarang sekali aku lakukan. Sesekali aku bersenandung pelan lambat laun sedikit keras mengikuti petikan gitar dan gamelan balinya.



“Waduh Ta ... suaralu bagus juga ya, kenapa gak jadi petinju aja” ternyata Vivin juga sudah bangun dan sekarang dia yang asik duduk di kursi malas peninggalan Pak Totok.


“Piye toh kowe Vin ... suara bagus kok malah di suruh jadi petinju”duh keluar deh logat Jawaku. Dasar si Vivin pasti dia mengejekku, karena belakangan ini badanku terlihat kuat dan agak berotot, ya maklumlah setiap seminngu sekali sekarang aku ikut fitnes bareng sama ibu-ibu arisan depan rumah kostan ini.


“Sejak kapan kamu disitu, kok baru komentar? pasti asyik dengerin aku nyanyi nyanyi ya??” aku membalas ejekannya sambil terkekeh. Dan kuletakkan gagang sapu sepertinya pagi tenang segera berakhir.


“iya dengerin suara brisik jadi bangun deh gw! Lu ... kenapa Ta, tumben pagi-pagi udah bangun ?”


“Iya Vin aku ada janji sama dosenku jam 7 nanti, jam berapa nih.. aduh cepet banget dah jam 6 aku mandi duluu ya!” aku langsung berlari menyambar handuk bergambar snoopy di jemuran kecil depan kamar mandi. Dan dengan cepat masuk kamar mandi, takut keduluan sama Vivin, soalnya anak itu kalau mandi lamanya minta ampun. Kalau ditegur sih ngomongnya lagi senam kesehatan dulu dikamar mandi. Dasar bola bekel diruang sesempit itu bisa juga senam.


**********


“Mbok… hari ini sarapan apa? Dah mateng blom? lapar nih!” tanyaku pada si Mbok yang dari tadi wira wiri di depan dapur, jemuran, trus kekamarnya lalu balik lagi ke dapur.


“Eh anu neng.. sarapannya sayur asem sama ikan dorang cuman blom digoreng neng ikannya!” jawabnya seperti orang linglung. Tapi Mbok Ijah tidak segera menyiapkan. Jam sudah menunjuk jam setengah tujuh. Aduh pagi ini bakal telat sepertinya mana mungkin berangkat kuliah hanya setengah jam. Pacarku si Kaze R lagi mogok dua hari terlantar di garasi kostan.


“Ada apa sihh mbok.. kok kayak orang kehilangan kutang aja…! Ya udah aku sarapan dikampus aja..! telat nih..! si Vin mana ya? Jadi nganter kedepan gang gak ya?” Akhirnya aku memilih makan di kampus dan kecewa tidak bisa makan sayur asem yang segar buatan Mbok Ijah.


“Ehmm bentar neng bentar…!” panggilnya bingung aku melihat gelagat Mbok Ijah pagi ini. Tumben tumbennya orang setenang Mbok Ijah kalang kabut.


“Ada apa sihh Mbok? Ada masalah?? Ngomong aja?? Mangnya beneran ya kutangnya Mbok hilang?? He..he..he..” aku mencoba menetralkan suasana hati mbok Ijah yang sepertinya gundah gulana.


“Neng liat kain si Mbok gak?? Kmaren masih Mbok jemur deket baju neng Vivin yang kuning” jelasnya dengan muka yang tidak berubah.


“Ada apa Ta..! kenapa dengan Mbok Ijah? Ikannya ilang? Digondol kucing kali Mbok..! hehehehe…” Vivin tiba tiba menyahut sekeluarnya dari kamar mandi dengan balutan handuk dikepalanya, sudah mirip kurcaci aja tuh anak badannya kecil kepalanya besar.


“Ini lho… Mbok Ijah kehilangan kain katanya kmaren masih dijemur deket baju kuningmu” sambil sesekali aku melirik jam yang terus saja bergerak menuju angka tujuh.


“Cari dulu aja Mbok..kali aja nyelip di tumpukan setrikaan. Ato bias aja kain Mbok Ijah kelunturan warna baju si VIn huwahahahaha..! Vin bantuin Mbok Ijah ya..!” aku dah telat nih..kamu gak usah nganterin deh..! mandimmu kelamaan sihh kayak kucing setahun gak ketemu air aja!” aku langsung berlari menyambar tas ransel dan meninggalkan Mbok Ijah dengan muka bingungnya.


********

“Ta.. belom ketemu tuh!” baru juga melangkah di depan teras Vivin sudah teriak teriak


“Apanya Vin? Dah kayak anak anjing yang kangen ama majikanya aja nih..! blom juga lepas sepatu dah njenggong…!”


“Ye… luu Ta.. ini beritanya dah urgent…!” Vivin membalas dengan tampang serius.


“Ntar Vin biarin aku masuk dulu.. nih badan masih pegel pegel! Akh baru juga sampai sudah disambut masalah” aku mengambil jedah sebentar mengambil nafas lalu mengaturnya kembali.


Dengan cepat aku berganti pakaian lalu duduk manis di ruang televisi. Vivin yang sudah menungguku dari tadi sepertinya tidak sabar.


“Ta… duh lama amat sihh kayak keong aja…! Kain Mbok Ijah blom ketemu…! Gimana ini… sejak tadi pagi dia murung terus.kerjaannya jadi gak beres.. masa di cuci piring pake sampo, trus ngepel pake deterjen, blom lagi masakannya aduh jadi gosong miriplu warnanya!” Masalah tadi pagi rupanya belom terselesaikan. Heran ada apa dengan kain itu, sampai samapai Mbok Ijah begitu kebingungan


“Asem.. kok bawa bawa warna kulit sih?? Emangnya kamu dah cari kemana aja?? Kolong kolong? Jemuran?? Gudang?? Lemari sepatu?? Ato di dalem lemari es kalau perlu??” aku mengajukan saran dan pertanyaan sekaligus dengan serius.


“Aduh Ta..! udah…! tapi kalau lemari Es kayaknya gak perlu deh..! lu nihh slalu aja kasih ide yang enggak enggak aja! Gimana nih.. kalau gak ketemu, Mbok Ijah terus terusan murung, ntar dia minta pulang! Gimana dong kita?? Sapa yang bantu ngurus n bersihin kostan?” sungutnya dengan mulut manyun sepuluh senti.


“masa iya sih ada maling jemuran?? Herannya yang hilang cuman kain mbok Ijah? Wah ternyata kita kalah pamor ama Mbok Ijah pasti yang ngembat kain itu penggemar beratnya Mbok Ijah!baju pink punyaku aja gak hilang, tali sepatu belang belang punyamu juga gak hilang? Benarnya apa ya yang menarik dari kain itu?” asumsiku mulai jalan. Dan dengan kemampuanku menganalisa masalah, aku berpikir kain itu tidak hilang hanya berpindah tempat saja.


“Gimana ta? Udah kepikiran gak jalan keluarnya?” duduk Vivinn berubah rubah seperti orang yang kena penyaikit ambeyen gak tenang.


"Mang tuh kain modelnya gimana sih?? Trus kain apa yang dimaksud?”


"Ampunn taaaaaa.. jadi dari tadi tuh kamu gak tau kain apa yang di cari??”


"He..he.. enggak Vin.. aku pikir kain lap yang bisanya nongkrong dipundak Mbok Ijah! Mang kain apaan sih sampe Mbok Ijah blingsatan?” dengan tampang tak bersalah aku bertanya pada Vivin agar aku lebih jelas kain apa yang di cari.


“Kain kebaya Ta… gambarnya Batik cetak. Trus yang bikin antik.. warnanya sudah kusam karna katanya Mbok Ijah umurnya sudah 50 tahun.” jelasnya padaku.


"Wah.. kain yang sangat mungkin jadi incaran para kolektor barang Jadul. Ehmm tapi siapa ya didaerah sini yang pengoleksi barang barang begituan??” dahi tiba tiba saja berkerut tanda aku sedang berusaha keras beripikir.


"Masa sampe segitunya sihhh Ta..! waduhhh harusnya khan Mbok Ijah dapet duit banyak dari kain itu. dasar kolektor gak bermodal! Percuma juga kalo barang2nya hasil colongan semua..!” Vivin jadi mengumpat gak jelas saking marahnya.


“Vin.. itu tadi khan perkiraan aja..! mending Tanya aja sama empunya kain kira kira siapa yang pernah nawar kain nya itu?” aku mencoba menenangkan Vivin yang sudah mulai lari lari loncat loncat di depan ruang TV. Biasanya sih kalau sudah begini memang benar benar kesal dan marah dia.


Mbok Ijah datang dengan mata yang bengkak, sepertinya habis menangis. Aku jadi kasian melihatnya, Mbok Ijah tidak pernah seperti ini sebelum sebelumnya.


"Mbok.. tenang ya… kita mo menanyakan sesuatu tentang kain itu mbok..!"


"Iya neng si mbok sudah lumayan tenang kok! Mo Tanya apa neng.. SiMbok sudah pasrah kehilangan kain itu. tapi masih blom rela rela juga sampai sekarang!” tangis Mbok Ijah hampir pecah.


"Mbok bisa diceritakan detail ciri ciri kain itu gak Mbok? Trus pernah gak Kain itu ditawar orang isttilahnya mo dibeli orang gitu dehh mbok” aku mulai mencoba mencari tahu tentang kain itu.


“Ya kain biasa neng! warnanya aja sudah kusam, trus batikannya bukan tulis tapi cetak, trus yang jelas sudah banyak lobang khan kain itu sudah lama. Umurnya sekitar 50 tahunan gitu neng..! itu kain pemberian prajurit perang yang naksir sama si Mbok. Waktu si mbok masih jadi sinden dulu. Hiks.. hiks..!” akhirnya si mbok tak bisa menahan isak tangisnya.


“Tenang mbok kita berusaha mencarikan, pasti ketemu… ada kemungkinan dicuri ama kolektor kain kain lama mbok!” Vivin berusaha menenangkan si mbok.


“Eh Vin.. kayaknya aku pernah tau tuh kain, gambar batiknya burung.. trus yang bikin aku inget banyak lubang. Cuman aku gak tau kapan n dimana aku lihatnya” tiba tiba aku teringat akan sesuatu.


“Hah beneran lu Vin?? Dimana? buruann inget inget”


“Iya neng dimana?? Aduhhh semoga masih ada!” muka si mbok langsung berubah.


“Aduh.. dimana ya…! Ehm.. ehm.. kayaknya sih kemaren masih ada. cuman dimana ya??” Aku berusaha mengingat ingat. Kepala, mata, kuping, perutku samapai sakit hanya untuk mengingat ingat.


“Akh eluu taa buruan.. jangan kumat dong o’onnya” Vivin mendesakku terus sudah seperti polosi wanita saja dia kalau begini.


“Bentar dong Vin.. ini khan lagi ngingat ngiingat..! aduh.. perutku mules..!otakku jadi error nih..!” tiba tiba kepalaku jadi pusing.


Vivin dan Mbok Ijah menunggu dengan wajah yang tak sabar. Mereka membiarkannku berpikir. Tapi herannya tak satupun ingatan itu keluar.


“Aduh bentar belet pipis..! tunggu ya.. bentar aja.. kali aja nih ingatan mampet!” aku nyengir karna menahan hasrat pipisku.


“Buruan Taaaaaaaaaaaaaaaaaa……!” Vivin berteriak saking tak sabarnya menungguku.


Sekembalinya dari kamar mandi, benar saja sepertinya ada gambaran jelas dimataku. Kain batik berwarna coklat kusam lengkap dengan lubang lubangnya.


“Mbok maaf ya… aku gak sengaja..!” langsung saja aku meminta maaf atas kelalaian dan kecerobohanku.


“Kenapa neng?? Neng Tata gak inget ya?” Mukanya kembali murung


“Ehmm bukan gitu Mbok maksudku!” aku menenangkan Mbok ijah.


“Vin kamu ingetkan kmaren aku ngerayu kamu biar nganterin aku kemapus aku bela belain bersihin motormu??” berusaha mengarahkan Vivin pada kejadian kemarin.


“Yups.. trus apa hubungannya…?” tanyanya sambil mengernyitkan dahinya.


Si Mbok menyimak dengan tegang pembicaraan kami berdua.


“Ya itu Vin.. kain itu.. yang aku pake buat mbersihin motormu! He..he..he.. gimana nih mbok maaf ya..! aku gak tau tapi gak aku buang kok.. aku simpan di dalem jok motornya Vivin..!”


“Tata……… lu jahat bener sih! Dasar O’on dah mendarah daging lu ya..!” Teriak Vivin sambil loncat loncat gak jelas


“Aduh Vin mana aku tau..! lagian tuh kain dah mirip gombal kok..! jangan marah dong..!” muka Vivin yang kecil itu berwarna merah. menakutkan sekali.


“Allhamdulilah… “ Mbok Ijah langsung sujud sukur disitu tanpa peduli pertengkaran kamu berdua.


“Gak papa neng asal ketemu. biarpun bau oli yang penting gak hilang. Emang si Mboknya aja yang teledor naruhnya” muka Mbok Ijah sudah kembali seperti biasanya.


Maaf ya Mbok besok aku traktir bakso deh Mbok.. seminggu gak perlu bersih bersih biar aku ama Vivin aja.. sebagai perminta maafan aku ama Vivin." aku mengajukan penawaran pada Mbok Ijah dan sepertinya beliau setuju setuju saja. Mukanya sudah kembali sumringah seperti biasanya


“Ta.. kok aku diikut sertakan khan lu yang salah??” Vivin bertanya dengan tampang judes.


“Vin.. khan kainnya aku pake’ ngelap motormu..! ya jelas ketiban salahnya juga dong..! hehehehe…” tampang innocent kusuguhkan padanya.


Kali ini aku tidak bisa disalahkan seratus persen. Memang aku salah ambil kain lap tapi khan juga buat motornya Vivin.


“Kamprett… kuda lumping.. setan alas.. dasar tukang bikin masalah..! " Vivin langsung memaki maki aku dan lari jejingkrakan.


Dan aku berlari kabur masuk kamar dan tidur dengan tenang. Mbok Ijah sudah kembali ke dapur melanjutkan pekerjaannya. Besok tugas menungguku dan Vivin. Bersih bersih rumah seperti yang aku janjikan pada Mbok Ijah tadi.

18Mei2007

Label:

 
posted by Duet Imoet at 20.43 | Permalink |


0 Comments: