Jumat, 29 Juni 2007
Kedatangan Si Inong 2
Aku segera balik ke ruang tengah, menyalakan TV, dan menonton acara kegemaranku Si Bolang. Menonton Si Bolang lebih asik di bandingkan menonton sinetron yang gak jelas kemana alurnya. Sesekali aku melirik Tata dan gadis itu yang masih asik ngobrol di ruang tamu. “Atau jangan-jangan gadis itu saudaranya Tata” pikirku dalam hati.


“Viiinn ... tolong bikinin kopi dong” dengan seenaknya Tata menyuruhku, sambil teriak-teriak pula. Huh .. ! laganya udah kaya istrinya Pak Totok aja. Tata dan gadis itu masih tetap cekikikan mengenang masa lalu mereka, dari mulai mandi di kali, sampai nyolong jambu di kebun orang.


Dengan agak malas aku membuatkan kopi untuk teman kampungya Tata.
“Silakan di minum kopinya” aku sedikit berbasa-basi padanya, dengan sedikit geregetan ku jitak kepala Tata, namun si pemilik kepala hanya cengar-cengir sambil memegang kepalanya dan tak lupa mengeluarkan kata-kata saktinya “dasar sundel kowe Vin”.


Tata memintaku untuk ngobrol bareng dengan mereka, dengan alasan biar akrab katanya.
“Akrab pale lo” gerutuku dalam hati, gadis yang bepenampilan trendy tapi maksa masih duduk dengan membelakangiku.


“Eh ... iya Nong kenalin teman satu kostku, namanya Vivin” lalu gadis yang disapa Nong oleh Tata berbalik arah mengahadapku, aku memasang senyum semanis yang susah payah aku paksa karena bibir manisku ini berat sekali untuk di tarik kesamping, lantaran aku sudah rada bete dengan gadis di hadapanku.


“Ya ..ampun .. mbakkan yang tadi ketemu sama aku di busway eh ... di transJakarta, maksud saya” dia mengulurkan tangannya.


“Iya .. kita ketemu lagi ya” ai ...mak !! neh cewek tangannya kasar amat, aku segera menarik tanganku dari gengamanya.


“Jadi begini loh Vin, si Inong ini keponakanya Pak Totok, yang katanya mau kost di sini juga” Tata menjelaskan padaku, lalu kedua gadis Jawa di hadapanku saling bertatapan lalu tertawa senang.


“Iya .. mbak Pipin, saya juga mau ngekost disini” waduuuhhh ... ternyata dia keponakanya Pak Totok


“Aduh .. kamu tu ya Nong .. namanya Vivin bukan Pipin” Tata menegur gadis sebangsanya.


*******


Inong masih asik menata kamar barunya di lantai atas, yang tadinya di pakai oleh Tata. Sementara aku dan Tata duduk-duduk di meja makan sambil mengerjakan tugas kuliahku, sementara Tata tetap serius mengisi kotak-kotak di buku TTSnya


“Ta ... memangnya si Inong itu siapa sih ? Kok lu kayaknya udah akrab banget ma tuh anak” awalnya aku dan Tata duduk sambil berhadapan di meja makan, tapi kini aku pindah posisi duduk di samping Tata, supaya lebih dekat, karena gak enak aja kalau nanti si Inong dengar pembicaraan kami.


“jadi begini loh Vin, si Inong itu temanku waktu aku masih ingusan , nah dulunya aku sama dia tuh akrab banget sampe SMP dan waktu SMA kita pisah karena aku lanjutin sekolah di kota, sementara Inong tetap di kampung”. Oooo ... begitu, aku mengerti sekarang.


“Eh ...iya Ta .. elu tau gak, kenapa tadi siang waktu aku pulang dari Gambir tampang gue kusut kaya gembel” aku mengambil alih perhatian Tata lagi, yag masih asik dengan TTSnya.


“Loh .. bukanya tampangmu emang kayak gembel Vin ?”


“gue serius Ta”


“Iya ... iya. Memangnya tadi siang kamu kenapa Vin?”


“Tadi siang, waktu gue abis nganterin si Agus ke Gambir, nah pulangnya gue ketemu sama tu cewek, aduuh .. sumpah deh Ta berisiknya minta ampun. Sepanjang jalan ngoceh aja, trus makanya gue pura-pura tidur di busway, supaya dia gak nanya-nanya mulu”. Ku jelaskan kejadian tadi siang yang menimpaku.


Tata malah tertawa terbahak-bahak, dia memang paling senang kalau melihat aku menderita.

“Tenang aja Vin, si Inong itu memang begitu anaknya, tapi kalau kita udah kenal dia asik juga kok” Tata meyakinkan aku tentang sosok seorang Inong.


********


Mbak Vivin…! Mbak.. mbak..! boleh minta tolong nggak?” suaranya ternyata keras menggelegar mengalahkan suara keras Tata.


“Ada apa Nong.. minta tolong apa?” aku sedang mengusahakan bermanis-manis dengannya. Karena mau tidak mau Inong bakal menjadi partner di rumah kost ini.


“Anu mbak.. ngene lho..! aku kan baru dateng dari kota yang nun jauh disana…! Mosok Mbak Vivin gak pengen ngajak aku jalan-jalan disini?”tanpa rasa berdosa dia mulai merepotkan aku.


“ya tuhan sepertinya hari hariku bakal tersiksa” aku mulai meratap lirih.


“Hah?? Mang nggak bisa ya minta tolong Tata dia kan temen sekampung lu..!” aku masih berusaha menjaga senyum manisku.


“Oh.. Mbak Vivin gak mau nganter? ya udah nanti aku minta tolong Pak Totok aja..!” Inong sepertinya mulai mengintimidasiku dan langsung pergi meninggalkanku yang mulai naik darah satu strip.


“Aduh model manusia apalagi ini..! Ta.. bantuin gue dong..! kayaknya si Inong gak suka deh ama gue! Aku langsung menghampiri dan lapor ke Tata yang sibuk dengan TTS di kamarnya.


“Sabar Vin.. kasih aja dia kembang tujuh rupa trus tiap malem kamu sogok pake menyan ntar juga jinak!” Tata menanggapi laporanku dengan enteng.


“Serius Ta… mang tuh anak ada turunan dukun? Serem amat.. ! aku bergidik ngeri membayangkan Inong melahap kembang tujuh rupa dan menyusur menyan.


“Ya enggk lah Vin.. nyantai aja kenapa, kamu kayak baru kenal orang aja! Rileks prend.. take in easylah..!” hayah… si Tata pake sok nginggris, maklum barusan aja dia ikut kursus inggris.


“Mbak Vivin….” Terdengar teriakan Inong yang menggelegar untung rumah kost ini terbuat dari batu bata jadi gak mudah rubuh akibat getaran suara yang tinggi melengking ini.


“Tuh Ta.. dia mulai teriak-teriak lagi.. mang dia asalnya dari hutan ya?? Suka banget teriak- teriak..! mana yang dipangil gue mulu…! Rese juga nih anak gue racunin baru nyahoo lu..!” akh … kesalku masih berlanjut dan semakin naik lagi darahku satu strip.


Dah .. sana temuin aja kali dia lagi butuh orang baek kayak kamu!” nada Tata seperti negejekku.


Huh..!” benar benar mulai rusak hidupku disini. Kalau kata nugie “terancam punah”


*******

Terakhir kali Inong memanggilku ternyata dia hanya minta bantuin menata baju di lemari. Sungguh- sungguh orang yang merepotkan.


Untung hari ini Inong dan Tata pergi berbelanja, kostan jadi sepi, hanya ada aku dan Mbok Ijah. Aku jadi ingat kapan terakhir kostan senyaman ini. Semingu yang lalu?? Empat hari yang lalu?? 3 hari yang lalu?? Ya.. 3 hari yang lalu sebelum Inong datang. Sejak kedatangannya barang-barang di kamar jadi berantakan Inong suka banget pinjem alat make-upku katanya mau belajar jadi orang kota. Emangnya dulu dia orang apa? Orang utan?. Padahal aku sendiri juga gak bisa pake make up, punya hanya untuk koleksi aja.


“Mbak Vivin….. Mbak Vivin…. Mbak.!!! Suara setan, genderuwo, mak lampir itu mengejutkanku hingga aku tersentak dan berdiri dari singgasanaku. Hampir saja meja kecil didepanku terguling.


“Busyett dahh Nong.… tuh mulut apa speaker sih…? nyaring amat..!” bentakku spontan.


“Akh .. !! kacau... kacau… benar-benar tidak ada hari tenang buatku lagi” aku membatin dalam hati kecil


“Sorry Mbak… gak sengaja. aku kira mbak ndak denger kalo saya datang.. saya kan cuma manggil doang!” Kali ini wajah Inong mengkerut seperti lintah kena taburan garam.


“Iya nih vin galak amat sih ama Inong..!” Tata kini mulai membela teman sekampungnya itu.


“Oh.. tuhan… kiamat sudah dekat..!” teriakku dalam hati.


“Mbak.. ini..!” tiba tiba Inong menyuguhkan bungkusan plastik.


“Apaan nih?” tanyaku curiga sambil memicingkan mataku yang kecil dan membuatnya semakin tak terlihat.


“Ye…. Vin terima aja, ikhlas kok…. Kamu gak perlu bayar atas bingkisan itu” Tata semakin membuatku heran ada apa dengan bungkusan itu.


Aku buka dengan takut-takut, Bisa saja si Inong makhluk aneh bersuara keras bak speaker mengerjaiku dan ingin membuatku mati kesal.


“Huwaaaaaaaaa…. Apa nih??? apa nih?? Inongg kamu..!” aku berteriak-teriak, loncat-loncat gak karuan sampai sofa, meja, kursi dan barang barang yang ada di ruang itu tumbang karena kena tendangan mautku.


“Hihihihi… bagus gak?” Inong memperlihatkan giginya yang putih, rapi dan kuat. Hehehe.. kayak iklan pasta gigi. Ternyata senyumnya manis dan tidak mirip setan alas.


“Wah makasih ya Nong..! bisa aja lu….! sapa yang kasih tau? pasti si Tata ya..! sialan…. kalian berdua ngerjain gw, sampe’ rasanya gw pengen gantung diri.” Tata dan Inong saling tersenyum melihat mataku yang berbinar-binar.


“Tapi sumpah bagus banget tas berendanya.. makasih ya…!” aku tersenyum pada sahabatku Tata dan partner baru ku Inong.


“Terima kasih ya allah.. ini ternyata bukan mimpi buruk!” aku berdo’a dalam hati.


Hari ini benar-benar menyenangkan tas tangan berenda dengan hiasan perak di tepi-tepi tas itu. Tas tangan berenda ini yang sudah aku incar sejak beberapa minggu yang lalu. Dan sampai sekarang belum sempat aku membelinya, dan sekarang Inong dan Tata menghadiahkannya padaku, lumayan bisa kupakai untuk pergi ke pesta perkawinan kakaknya mas Andi. Ternyata kedua cewek cantik itu bersekongkol mengerjaiku sampai akhirnya memberiku surprise ini. Dan kami lalu “berpelukan…” seperti serial anak-anak teletubbies.


sekuel ke dua ini tulisan duet imut.

23Mei2007

Label: ,

 
posted by Duet Imoet at 20.47 | Permalink |


0 Comments: