Jumat, 29 Juni 2007
Rekor Muri
“Aduh Vin ... maaf ya aku telat bikin sarapannya, soalnya semalam aku abis lembur baru tidur jam 2 pagi” Tata menjelaskan sambil sesekali menguap.



“Emangnya lu abis ngapain ? Ngerjain tugas kampus ?” tanyaku, namun pandanganku tetap mengarah pada majalah yang sedang ku pegang.


“Engga kok Vin, aku gak lagi ada tugas kuliah” lalu Tata mengambil handuk snoopy yang sudah seminggu gak dia cuci.


“Trus .. kenapa juga lu begadang ?"
“Biasalah Vin ... ngisi TTS”. Huh .... dasar Tata, kurang kerjaan banget sih, kayak besok udah mau kiamat aja, ngerjain TTS kok sampe larut.


Minggu pagi yang cerah, sepertinya hari ini tidak akan turun hujan, ya .... semoga saja perkiraan cuaca yang tadi aku lihat di TV benar.


“Vin … hari ini kita sarapan di luar aja yuk, aku lagi malas masak neh” Tata masuk ke kamarnya, dan keluar dengan membawa kunci motornya.
“Aduuh … Ta, gue lagi males keluar neh, gimana kalo lu aja yang beli terus makanya di rumah aja” saranku pada Tata.



“Huuuu …. Ya sudah kamu mau makan apa? buburnya Pak Mamat, gudeknya Mba Ratmi, atau ketupat sayurnya Uda Buyung ?” Tata menawarkan semua panganan yang biasa mangkal di depan gang, lagaknya sudah seperti pelayan saja.


“Emmm ….. “ aku berlagak sok mikir. “Buruan dong Vin, aku juga udah laper neh !” Tata mulai tak sabar.


“Aku mau ketupat sayurnya Uda Buyung aja Ta, pedes ya !, terus kerupuknya di pisah, kuahnya yang banyak ! satu lagi Ta …. Gak pake lama !!” ku jabarkan semua keinginanku, sementara Tata yang mendapat perintah, hanya memeletkan lidahnya, dan pergi berlalu dengan motornya yang bersuara mirip bajaj.

*****


Sambil menunggu Tata membeli sarapan di depan gang sana, akupun menyiapkan secangkir teh untukku, dan secangkir kopi hitam buat Tata plus di tambah sedikit sasa di dalamnya, Tata bilang sasa yang di tuangkan ke dalam kopi bisa membuat kopi lebih terasa nikmat.


“Viiiinnn ….. coba lihat aku bawa apa nih” kebiasaan banget nih anak kalau masuk rumah bukanya salam, tapi malah teriak-teriak kaya Xena yang lagi ngelawan musuhnya aja. Suara Tata terdengar nyaring sekali, sampai-sampai semua piring yang ada di rak bergetar semua.


“Gue tau Ta, pasti lu bawa sarapankan ?” aku berlagak tak mengacuhkannya, lalu ku ambil kantong hitam di bawa Tata.


Tata masih berdiri di depan pintu sambil memegang kertas berukuran A4, ahhh … si Tata sudah mirip seperti orang yang sedang minta sumbangan saja, tapi semakin aku perhatikan Tata senyam-senyum sendiri sambil memandang kertas yang dipegangnya.


“Vin, coba kamu baca kertas ini!” Tata menyodorkan secarik kertas putih ke padaku, namun aku tak terlalu memperdulikannya, karena aku sedang menikmati sarapan pagiku, ketupat sayurnya Uda Buyung.


“Kamu bacakan saja Ta, nanti aku simak deh” dengan sedikit mayun, lalu Tata membacakanya untukku.
“Ok .. kamu simak ya Vin!”

Begini isinya :

Pemecah rekor


Himbauan buat para pemecah rekor


Buatkan :

Kapas pembersih telinga yang SUPER besar


Penyakit ini permanen banyak pejabat yang tuli

Kupingnya jarang dibersihkan

Baginya dokter THT lebih mahal daripada rekreasi luar negeri

Harap segera ditanggapi

Bukankah belum tercatat di muri ?


feb07

Aku masih belum mengerti apa maksudnya “Terus .. ada apa dengan pengumuman itu Ta” mulut Tata kumat-kamit seperti dukun yang sedang membacakan mantra, tapi biasanya kalau sedang komat-kamit seperti ini tandanya Tata sedang kesal.


“Aduuh … Vin, kok malah kamu yang jadi o’on sih!” Tata meremas-remas kertas yang dipegangnya, lalu melemparkanya ke arahku.


“Abisnya baru aja selesai sarapan dah disuruh mikir, kuda aja gak mau jalan kalau lagi asyik makan.” Jawabku asal. “Akh.. Ta.. gw lagi bete nih.. males mikir.. males ngomong.. males ngapa ngapain..”


“Eh tapi kmu gak males idup khan? Hehehehehe.. ya dah aku jelasin deh.. ini puisi yang ditempel di mading karang taruna RT sebelah.”


Tata menjelaskan dengan seksama ide idenya yang muncul dari tulisan itu. Dia bilang tulisan itu masuk akal dan rasional. Wah sepertinya tata mau menjadi aktivis, kening di atas matanya sudah berkerut mengendur seperti ulat hendak masuk kepompong. Tata ingin membuat pembersih kuping yang super besar, selain untuk menyindir pemerintah dan pejabat pejabat yang tuli katanya lumayan buat promosi diri dan siapa tau dapat hadiah uang dari Muri.


“Hem.. mimpi yang tinggi” batinku. Aku cukup mengangguk dan mengiyakan walaupun dalam hati berpikir bagaimana caranya? Siapa sponsornya? mau bikin acara model begini perlu sponsor biar lebih menarik.


“Ya ampun Ta.. lu dapet dana dari mana? Kiriman dari kampung aja cuma cukup buat beli semur jengkol doang.. tiap hari!”


“Vin.. kamu nih anak muda tapi kok loyo gak optimis... mbok ya.. bantuin aku mikir, kita kerjasama. Kalo berhasil kan kita makin TOP”


“Akh.. boleh deh aku bantuin trus nanti klo dikira kita nih pemberontak dan pengkhianat negara trus ditangkep abis gitu dimasukkan di penjara kalisosok gimana?? Mas Andi gimana?” bayangan seram di penjara kali sosok membuatku bergidik.


“Alahh kowee vin.... jaman semene kok mikir kayak gitu.. ini tuh jaman demokrasi bebas tak terbatas... klo bukan kita anak muda sapa lagi yang bakal membangun bangsa..”


Wauw aku terkejut mendengar penjelasan temanku yang biasanya otaknya separo ini. Dia berbicara dengan berapiapi. Ada kilatan cahaya dimatanya. Wess... dah seperti monster api saja dia kalau begini. Tangannya tak berhenti bergerak kekiri kekanan seperti sedang berpidato diatas mimbar.


“Okey deh trus.. apa rencanamu Ta?” Akhirnya aku setuju membantu.


“Eh.. ehm.. ya itu makanya aku ngajak kamu.. kira kira ada rencana gak kamu Vin...!” ancrit.. dasar kuntilanak ternyata masih Tata yang dulu. Melimpahkan pekerjaan padaku.


“Okey mending kita bikin proposal dulu aja buat nyari sponsor yang mau nampung kesintinganmu!”


“Beres bos... trus kapan kita buat? Udah gak sabar nih... mo jadi terkenal!” Terbayang duit jutaan dan ketenaran didepan mata Tata.

**********

“Akh nyebelin. Nyebelin..! Vin heran deh kok proposal kita ditolak terus ya?” sore itu Tata teriak teriak dengan tampangnya yang lusuh.


Proposal yang sudah dibuatnya tidak ada satupun perusahaan yang mau menerima dengan alasannya kegiatan ini fiktif karna tidak ada lembaga yang menaunginya. Sebenanya aku juga sudah berpikir seperti itu, tapi karena Tata sepertinya bersemangat aku jadi enggan menyampaikan unek unekku itu.


"Yah.. blom berhasil aja kali Ta.. coba lu tawarin ke temen Hima di kampus sapa tau mereka mau nampung!" aku mencoba menawarkan solusi.


“Oh… gitu ya… waduhh kok ndak kepikir kmaren kmaren ya! Biasanya yang ikut ormawa tuh khan suka kalau disuruh nyindir nyindir!” Wajah Tata kembali sumringah.


“Akh elu Ta.. ide udah sangar tapi kalau otak masih tetep berfungsi separo, ya percuma juga..! huwahahahaha..” dan si Tata tidak peduli celaanku dia asyik terlarut dengan rencana rencana barunya.


“Ta.. lu mau tau masukanku selanjutnya gak?” tanyaku menawarkan saran dan kritik padanya.


“Apaan Vin… silahkan aja kamu tau ndiri otakku khan berfungsi separo he..he.he..! jawabnya disertai sengiran kuda khas dirinya.


"Ehm.. mending ditunda dulu deh.. rencanamu itu.. soalnya harga kapas ama plastik lagi tinggi. lagian setau aku Hima dikampus lagi sibuk sibuknya ospek!”


“Ndakkkkkkkk pokoke kudu jadi…! Ini sudah diubun ubun.. besok aku bakal nyantroni sekretariat Hima… kamu nanti klo sudah ada kabarrr buruan beli bahan bahannya” wajah Tata berubah merah marah, seperti kepiting rebus.

*****

Sudah dua hari ini Tata tidak masuk kuliah. Badanya panas dan suka ngaco kalau ngomong. Tapi ya memang seperti itulah Tata, aku sudah hafal betul kondosinya saat ia sedang kritis.


“Ta .. gue beliin lu gudegnya Mbak Ratmi nih, lu makan dulu ya” aku membujuk Tata, karena sejak kemarin Tata belum makan nasi sama sekali perutnya masih kosong.


“Aku gak napsu makan Vin, lidahku pait banget” Tata menengguk habis air putih hangat yang aku bawakan. Ku lirik meja belajar milik Tata.


“Eh .. Ta lu bilang lu gak napsu makan” aku beranjak dari samping Tata, dan menghampiri meja belajarnya di sana ada biscuit regal, roti coklat yang dibelikan oleh Mbok Ijah, dan snack kentang kesukaanku yang kusimpan di kulkas juga ada di meja Tata, dan itu semua hanya tinggal bungkusnya saja. Tata hanya cengar-cengir


“Dasar lu, ini namanya bukan gak napsu makan!” aku menyubit lengan Tata yang mulai sedikit berotot karena kegiatan rutin fitnesnya.


Tata kembali menyeringai “Sakit tau Vin, kamu tuh ya kalau nyubit gak pake perasaan !”.


“Neng Vivin … neng !” suara Mbok Ijah membuyarkan lamunanku “Aduhh .. ada apa sih, lagi asik ngelamunin Mas Andi kok di ganggu” gumamku dalam hati.


“Ada apa Mbok ?” Wajah Mbok Ijah tampak panik, dia melilitkan kain kebayanya. Hehehhe .. Mbok Ijah sangat lucu bilang sedang panic, gayanya seperti orang kebelet.


“Itu non.. neng anu.. eh.. neng Tata.. itu anu neng..!”


“Anu ..anu … apa sih Mbok ? santai dong tarik napas … tahan keluarin lewat bawah Mbok” Mbo Ijah mengikuti perintahku “Ah .. neng Vivin becanda aja nih” Mbok Ijah menarik ku ke depan pintu kamat Tata.


Tata … ? ada apa dengan dia, mengapa Mbok Ijah membawaku kedepan kamar Tata, hatiku terus bertanya-tanya. Oh … Tata ada apa denganmu ?? . ai ..mak gayaku sudah seperti pemain sinetron saja.


“Neng Vivin masuk dong neng, malah bengong aja. Ini coba liat neng Tata!” Mbok Ijah makin panik.



Aku segera menghampiri Mbok Ijah dan Tata. Tata tampak pucat suhu badanya naik, mulutnya tak henti komat kamit, seperti kalau dia sedang marah, bergegas aku mengambil sebaskom air dan handuk kecil untuk mengompres Tata. Penyakit Tata semakin parah suhu panas yang tinggi dan tubuhnya menggigil.


“Mbok … kalau Mbok Ijah sudah ngantuk tidur aja, biar saya aja yang nemenin Tata” aku kembali membujuk Mbok Ijah yang tetap kekeh sumekeh untuk menjaga Tata.


“Ra'popo neng Vivin, si Mbok khawatir sama neng Tata gak biasa-biasanya dia begini” Mbo Ijah sedikit terisak, dia memang sangat perhatian dengan Tata, dan pastinya sama aku juga.


Malam semakin larut, di luar sana hujan cukup deras. Ternyata langitpun menangis melihat Tata terkapar tak berdaya di atas kasur bergambar snoopynya. Sementara suhu badan Tata tak juga turun, Mbok Ijah terlihat letih, ia sudah tergeletak di sudut kasur Tata.


“Korek ... korek kuping ....” aku terbangun. “Besar .. wah besar sekali .. “ aku masih setengah sadar.


“MURI ... kita menang Vin ... menang!” aku khawatir sekaligus nyengir.


“Duit .. kita ngetop Vin .. “ aku semakin nyengir


“Vivin ... Vivin ... kita terkenal” aku tertawa terbahak-bahak sampai Mbok Ijah yang sudah
terlelap kini terbangun karena mendengar tawaku, rupanya Tata mengigau.

“Bangun ta… bangun… lu ngimpi apa’an sampe kringetan gitu!!” Sentakku untuk membangunkan Tata kata orang kalau tidak dibangunkan tidurnya bisa kebablasan.

“Panasmu makin tinggi..! ini pasti gara gara korek kuping super gedhe! Udahlah Ta.. batalkan aja ya idemu itu..!”

“Ehem.. uhuk uhuk..” Tata terbangun panas ditubuhnya semakin tinggi dan batuknya terdengar nyaring memekakan telingaku.

“Vin.. gimana nih kok aku jadi atit.. pokoknya rencana itu harus jadi” Tata hampir saja terisak, dengan suaranya yang lemah dan serak ia berbicara.
Aku diam saja dan membiarkan Tata berteriak teriak sampai batuknya pun berlarian dengan kalimat kalimatnya.

“Nyerah gak lu ta.. udah nyerah aja.! Khan bisa kapan kapan…!” Aku mencoba menenangkan Tata yang terguncang jiwanya.



“Nyerah ya Vin..? tapi khan?? Hiks.. hiks.. ya udah deh nyerah aja.. lagian dari kmaren tuh aku pusing bingung gimana caranya ngebatalin rencana itu. Ternyata susah ya kerjanya” jawabnya pasrah. Sial ternyata dia membohongiku dengan semangatnya yang tinggi. Padahal Tata juga sudah hampr nyerah.


“Huhh.. mo bilang nyerah aja pake sakit segala… dasar luu tuh Ta..! bisa aja ngerjain orang! Tau rasa juga lu mikirin gituan jadi sakit. Ya udah buruan sembuh! Tidur yang nyenyak… gak usah pake ngigau segala! ayo mbok.. tinggalin aja nih… kuntilanak biarin dia sakit gak diurusin” sungutku sembari mengajak Mbok Ijah untuk keluar dari kamar Tata


Kutinggalkan Tata sendirian dengan perasaan lega walaupun ada dongkol pada makhluk o’on bernama Tata. Dia memang sulit untuk berkata “aku menyerah”. Tidak begitu mengherankan sih, kalau Tata sudah mengisi TTS ia takkan berhenti hanya karena ada satu kata yang tak bisa dijawabnya. Akhirnya aku bisa bernafas lega tanpa harus puisng puisng untuk membuat pembersih kuping super besar. Kali ini Tata yang buat masalah dan dia sendiri menanggung akibatnya. Kasian kamu Ta..!


3Juni2007

Label:

 
posted by Duet Imoet at 20.56 | Permalink |


0 Comments: