Jumat, 29 Juni 2007
Terkuaknya Misteri Inong
Vivin segera menyelesaikan tugas kuliahnya saat suara pagar depan terdengar. Ia melirik jam dinding yang sudah menunjukan pukul sembilan malam. “Ah ... Inong dan Tata sudah kembali”.


“Viviiiin .... dimana kamu ?” Tidak salah lagi itu pasti suara Tata yang suka sok di lembut-lembutkan.


“Assalamualaikum ... Mbak Vivin” Nah kalau yang nyaring ini pasti suara si Inong yang memiliki jidat jenong.


Tata dan Inong sudah kembali, itu artinya kost-kostan yang tadinya tenang kini akan menjadi agak bising. Vivin mengambil sweter hitam kesayangannya yang tergantung di belakang pintu kamar Vivin, lalu ia bergegas membukakan pintu untuk mereka.


“Iya Waalaikumsalam .... kalian ini kebiasaan banget sih, volume suaranya gak bisa apa dikecilin sedikit ya ? Udah malam neh berisik tau !”. Tekanan darah Vivin mulai beranjak naik lagi, sementara Tata dan Inong hanya cengar-cengir.


“Vivin, kamu sudah makan belum?” Tanya Tata sok perhatian.


“Belum Ta .. Mbok Ijah hari ini gak masak” Vivin membuka kulkas dan mengambil snack kentang kegemarannya.


“Nah kebetulan Mbak Vivin, kita juga belum pada makan, tapi tadi saya dan Tata mampir ke mini market beli sosis, jamur sama bakso” Inong memamerkan kantong belanjaanya.


“Iya Vin ... udah lama nih gak makan nasi goreng buatanmu.” Tata mendekati Vivin seraya merayu agar Vivin mau memasak nasi goreng.


“Makan roti aja Ta, tuh ada di meja tadi di kasih sama tetangga sebelah” Jelas Vivin enteng.


“Wah, mana kenyang Mbak...!” Inong ikutan nyeletuk.


Tata masuk kedalam kamarnya, dan keluar dengan baju tidur bergambar snoopy kesukaanya. Tanpa merasa bersalah Inong menyodorkan plastik putih belanjaanya ke depanku. “Tenang Mbak, saya bantuin deh” Inong mengedipkan matanya, ih ... mirip pria mata keranjang yang berkeliaran di luar sana.


“Kita ke dapur yuk Mbak” Inong menarik tangan Vivin dan Tata mengikuti langkah mereka berdua.


“Asik ... makan nasi goreng buatan Vivin” Tata bersorak seperti anak balita yang senang karena di belikan balon.


Dapur kostan yang berukuran tidak terlalu besar ini, wangi oleh aroma nasi goreng buatan Vivin. Dan sesekali ia berteriak saat Inong dan Tata usil memasukan segala macam campuran. Kelontang perabot dapur berlomba dengan suara suara tawa kami dan senandung lagu sumbang Inong.


“Aduh... udah ..udah, ih ini sih bukan nasi goreng lagi. Ada ayam, sosis, telur, bakso, jamur.” Tatapun hendak memasukan sawi, toge, tahu goreng, dan potongan kecil daun pandan sebagai tambahan campuran. Hem.. jadi seperti apa rasanya ya?


“Gimana nih rasanya” Vivin menatap wajan nelangsa.


Inong buru-buru mengambil sendok kecil dan menyicipi nasi goreng yang sedang di buat, “Enak kok Mbak Vin”.


mereka bertiga menghabiskan nasi goreng amburadul ala Vivin. Vivin menatap Inong dan Tata penuh arti. Sahabat adalah sebuah karunia yang luar biasa “Dihabisin ya!” Kata mereka penuh semangat.


***


Setelah makan malam dengan nasi goreng mereka bertiga duduk di teras depan sambil menikmati udara malam yang sejuk.


“Vin, nasi gorengmu gak kalah enaknya sama nasi goreng Mas Rudi” Entah apa maksud ucapan Tata, memuji atau mencela hasil buatan Vivin.


“Mas Rudi siapa toh Mbak Vin?” Tanya Inong yang penuh rasa ingin tahu.


“Mas Rudi itu tukang nasi goreng yang suka lewat komplek sini, tuh si Tata yang suka banget sama nasi goreng special buatan Mas Rudi.” Vivin menjelaskan.


“Ow..gitu..Aku pikir Rudi Sowarno, itu lho mbak Vin, yang suka muncul di TV. Yang tukang masak itu.”


“Itu bukan Rudi Sowarno Nong! Tapi Rudi Khoirudin! Plis deh!” Vivin dan Tata menjawab serentak membenarkan Inong yang sok tau.


“Hehehe..bukan yah? Ooo..Kalo’ gitu pasti mereka berdua masih sodaraan kan. Namanya aja sama. Ya to?” Inong makin sok tau sambil meneguk air putih di gelas yang ia pegang.


“Inong! Sok tau lo.” Protes Vivin yang mulai sebal akibat ulah Inong yang sifat sok tahunya sudah mencapai stadium akhir dan susah untuk disembuhkan.


Tata hanya tertawa terbahak-bahak sambil melihat wajah Inong yang garuk-garuk kebingungan dan wajah Vivin yang sebal akibat ulah Inong.


“Udah ah..gw mau tidur. Pusing gw ngadepin lo semua. Bikin darah tinggi!” Vivin meninggalkan Inong dan Tata untuk merebahkan badannya di pulau kapuk tercinta.


****


Semalaman hujan deras disertai angin kencang dan kini, embun pagi mengisi setiap sudut daun pekarangan rumah Pak Totok. Angin dingin juga berhembus mengusap wajah-wajah manis semua penghuni kost-kostan milik Pak Totok. Tiba-tiba terdengar bunyi nyaring dari kamar Tata. Suara ini yang selalu terdengar setiap pagi, lebih tepatnya setiap Tata akan berangkat kuliah.


“Aaaaaaaaaaaaaaarrrghhhhhhhhh.... jamnya kecepetan..!!!! “


“Vin....Knapa ga bangunin aku sih! aku kan masuk jam delapan. Telat lagi deh!” Tata berjalan menuju kamar mandi dan melewati Vivin di ruang makan sambil terus menggerutu persis petasan banting.


“Salah lo kan. Weker juga udah bunyi dari tadi. Lo ndiri yang ga bangun-bangun kan. Jangan salahin gw. Kuping lo tuh yang perlu diperiksain.” Jawab Vivin sambil mengoleskan margarin ke atas roti tawar miliknya.


“Iya Ta. Dari tadi juga sudah ta’ bangunin kamu. Tak ketok-ketok kamarmu. Tak teriakin. Tapi yo ndak bangun-bangun. Penyakit kebo mu kok ga ilang-ilang se Ta?” Inong ikut menjawab gerutuan si Tata sambil menyiapkan roti Tata, takut kalau sahabatnya ini pingsan di jalan akibat kelaparan.


Selang beberapa menit Tata sudah keluar dari kamar mandi. Secepat kilat menyambar roti buatan Inong dan meminum sedikit susu segar milik Vivin.


“Duh, dah jam delapan kurang seperempat. Brangkat yah!”


“Sial! minum gw itu. Kebiasaan yah!” Vivin mengumpat.


“Lho Ta..kok cepet mandinya? Ndak ada 5 menit udah keluar.” Inong keheranan melihat Tata yang buru-buru memakai sepatu dan bergegas keluar rumah.


“Kan aku ndak mandi. Cuma raup* tok Nong!Hehehe..Brangkat dulu yah!De...Salamualaikum.” Tata berlari secepat kilat keluar dari kost-kosan.


Selang sepuluh menit sejak kepergian Tata ke kampus, bel rumah berbunyi. Tidak ada sautan dari dua orang perempuan manis di dalam rumah. Bahkan terikan nyaring suara pak pos juga tak disambut. Vivin dan Inong sibuk dengan urusannya masing-masing. Inong berada di kamar mandi dan Vivin sibuk membereskan piring dan gelas bekas sarapan tadi. Tukang pos di depan pagar masih terus menunggu sang penguin kost-kosan. Ditunggu-tunggu tapi tak jua datang. Lama nian, pikirnya.


"ala makjang.. ini rumah tak berpenghuni apa? Tapi pintunya terbuka lebar. Ah.. biarkan saja. Aku letakkan surat ini disini sajalah." Surat yang ditujukan Inah Kusumastuti warakawuri Eka Cahyani diselipkan di antara pagar berwarna hitam.


Greng.. suara bising motor milik Pak Pos meluncur cepat. Vivin sempat mendengar suara bising itu, kemudian berlari keluar dan dilihatnya surat itu. Surat dengan amplop berwarna putih.


"Inah Kusumastuti Warakawuri Eka Cahyani?? Sapa ini yah?? Apa sodara pak Totok? tau. akh!" Vivin bergegas masuk ke dalam rumah dan meletakkan surat yang tidak dikenalnya di atas lemari dekat TV.


****


“Ta.. ada surat aneh.... gak tau buat siapa? Namanya gak aku kenal, namanya panjang kayak kereta api.. ada wirawiri*nya segala..!”


Tata langsung disodorkan surat aneh itu oleh Vivin.


“Sapa ya?? Tapi kok alamatnya bener disini ya?? Apa punya Mbok Ijah?” Tanya Tata.


“Lah... tapi namanya terlalu modern nih..! kayaknya bukan deh Ta!”


“Trus punya siapa? Masa Si Inong sih? Tapi kok ndak ada inong inongnya ya??


“Inong........! Inong…. Sini dong… tak kasih kathok* bolong..!” suara nyaring Tata memanggil Inong dengan lagu aneh.


“Apa Ta.. mana kathok bolongnya..?? hehehehe.. jadi inget di kampong kalo kowe manggil aku pake lagu itu!” inong datang sambil cengar cengir.


“Aha.. ha.. iya aku jd inget pas pelajaran olah raga bareng kamu dulu, celanamu sobek gara gara manjat pager sekolah. jadi bolong deh..!”


“Huwahahahaha… inong kathok bolong..! nama julukan yang aneh..!” sahut Vivin menimpali candaan mereka. Inong langsung duduk merapat diantara sofa dan meja. Dia suka sekali berada di tempat tempat sempit. Padahal ruang tengah masih lebar.


“Iya.. sejak kecil mana ada yang manggil nama asliku. sial banget deh…! Waktu sekolah TK, budhe ama pakde seperti melihat keanehan di jidatku. Kata mereka jidatku jenong.. jidat nongol plus lebar kayak lapangan terbang gitu deh..! wal hasil sampe sekarang aku dipanggil Inong.. si jenong!” Inong serius sekali menjelaskan dengan mukanya yang bulat dan mata lebar tak ketingglan jidatnya yang lebar juga ikut berkerut.


“Huwahahahaha… iya..lhoo.. beneran jidatlu mang nongol..” Vivin membenarkan julukan itu. Ternyata nama inong ada sejarahnya. Pantas saja tampang si Inong lucu dan kocak, tapi njengkelin setengah mati.


“Nong.. ini ada surat gak tau punya siapa? Namanya kita gak kenal.. mang ini nama sodaranya pak totok ya?” Tata menyodorkan surat yang sejak tadi sedang dibicarakan.


“Mana sini lihat.. !” Inong langsung menyambar surat yang berada di tangan Tata.


“Wahhhh ini surat buatkuu…! Dari Bapak di kampung..!” Inong girang dan menimang nimang surat itu, seperti mendapatkan hadiah kejutan.


“Lah.. namanya? Kok..?” Tanya Vivin heran.


"Ini nama asliku..! Inah Kusumastuti Warakawuri Eka Cahyani, baguskan? hehehehehe.." dengan bangga Inong menyebutkan nama aslinya yang terasa aneh di kuping.

"Panjang amat namalu Nong..! kayak kereta api? pasti lu dibuat di atas kereta, sambil mondar mandir ya? huwakakakakaka..!" Tata dan Vivin tergelak bersama. Vivin mengambil kesimpulan dari mana bapak dan ibunya memberi nama sepanjang itu.


“Gak tau! kata ibu sih Cahyani nama nenek .. Kusumastuti nama pacar bapak dulu, trus Eka nama ibu…. Inah nama asliku, gak tau tuh nama siapa? Tapi aku juga gak tau nama Warakawuri tuh apa?’ jelasnya sambil nyengir kuda.


“Walah Nong… namamu dari nama nama orang sekampung ya?? Asal comot! Hehehe.. !” Tata semakin menggoda Inong.


“Dulu sih aku dipanggl Inah.. tapi ya gara gara jidat nongolku, aku dipanggil Inah si Jidat nongol. Tapi semakin gedhe gak tau knapa eh malah keseringan dipanggil Inong dari pada Inah!”


“Dan waktu sekolah gara gara celanamu bolong smakin bertambah pula julukanmu.. si Inong Kathok Bolong. Huwahahahaha… malang benar nasibmuu Nong..!” tambah si Tata. Dia menikmatin sekali mengejek Inah si Kathok bolong yang jenong itu.


“Akh.. kalian nih..! ya udah aku mo baca surat dulu, dah kangen ama bapak ibu dikampung..!” Inong buru buru berlari menuju kamarnya, menghindari ejekan Vivin dan Tata semakin parah.


“Ta… ati ati ya.. ntar aku buka juga nih.. rahasiamu di kampung sama si Vivin..” ancamnya sambil teriak teriak seperti tarzan kota.


“Huwahahaha… kutunggu pembalasanmu Nong..!” sahut Tata tak kalah keras dengan suara si Inong.


Dan sore itu kembali tenang Vivin sibuk mengamati acara gosip di televisi dengan segelas es teh manisnya. Sedangkan Tata sibuk dengan TTS dan keripik kentang seperti biasanya.


******

Raup* : cuci muka

Wirawiri* : mondar mandir

Kathok* : celana

8Juni2007

Label: ,

 
posted by Duet Imoet at 20.59 | Permalink |


0 Comments: