Jumat, 29 Juni 2007
Sandal Biru
“Sandal gue mana............! sandal gue mana???? ndalll ndalll...! kemana sih luu ndal!!”


Jam dinding baru menunjukkan pukul delapan pagi, suara kecil mirip tikus kegenjet pintu milik Vivin menggema di tiap sudut rumah kostan itu.


“Nyari apaan sih Vin tereak-tereak gitu?? mangnya sandalnya bisa nyaut ya??”


“Di sinii mbak..! di sini...! di pojokan meja!!” Suara halus yang sudah full volumenya tak mampu di tangkap oleh sepasang telinga milik dua perempuan imut itu.


”Akh.. dasar punya majikan kok sembrono..! semalem abis dibuat nginjek tai, ehh bukannya di cuci malah diselipin di tempat gelap penuh sarang laba laba gini..!“ Sandal biru berhak tipis itu mengumpat majikannya yang semalam telah melemparkannya di dekat meja dan akhirnya terselip.


“Duh Ta... kemana ya? Perasaan baru semalem gue pake, itu sandal pemberian Mas Andi” Vivin sedikit terisak. Sandal itu ternyata menyimpan cerita cinta Andi dengan Vivin. Menurut Vivin ia sudah punya keterikatan batin dengan sandal itu.


"Ta .. lu jangan sibuk ma TTS aja dong, bantuin gue !" Vivin teriak sangat kencang, suaranya yang biasa lembut dan seksi kini terdengar nyaring.


“Akh..! dua manusia ini laki-laki atau perempuan sih? Suaranya nyaring seperti kaleng kosong yang diseret" umpat sandal biru itu lagi.


“Bentar Vin.. lagi tanggung, ini kurang tujuh kotak." sahut Tata malas-malasan dan masih saja ia tak beranjak untuk membantu Vivin.


"Aduuuhh Ta ... bantuin gue dulu dong .. kalo neh sendal ilang, gue bisa di cere’ ma Mas Andi" isak tangis Vivin memecah tenangnya pagi


Sandal Biru hak tipis milik Vivin masih saja terjepit diruang sempit penuh dengan sarang laba laba dan tai tikus. dan si empunya masih saja mencari-carinya


"Bos... saya disiniiii .... disiniiii..... aduhh bosss bauuu... bau..!! tolonginn dongg !" sandal biru itu terus saja berteriak. tapi ternyata Vivin dan Tata tidak juga mendengarnya.


“Sendal gue yang imut…tampakan wujudmu, ayoo kita mandi bareng, gue baru inget semalam lu kena tai kan ?” panggil Vivin sekali lagi.


Mungkin benar adanya keterikatan batin antara sandal dan Vivin. Nyaris saja mata Vivin menangkap bayangan sang sandal. tapi ternyata mata batin Vivin sudah mulai tumpul hingga tak menyadari penderitaan sandal biru miliknya.


“Woi.. nyonya.. boss.. disini nih..!” sandal biru itu mencoba menggerakan badannya agar majikannya mengetahui keberadaanya. Tapi tetap saja ia tak bisa bergerak tubuhnya terhimpit dinding dan pinggir meja.


"Ta.. buruan dong... cari'in sandal gue, TTS kan bisa entar.. nanti gue bantuin lu sehari semalem deh buat ngisi TTS" wajah Vivin mulai memelas sepertinya ia sudah tampak putus asa.


“Iya ... iya aku bantu, gak usah bantu isi TTS, isiin bensin seliter aja ya, buat motorku" Tata .. mengerlingkan matanya, dan tersenyum culas


"Dasar tukang porot lu..! iya iya.. ntar gue beliin jangankan buat motorlu, buat nyuci otaklu juga gue sanggup beli" antara merah, hitam, putih, warna wajah Vivin begitu seram. hadiah pertama pemberian Mas Andi hilang.


*****


“Ini Vin aku beri kamu hadiah, meskipun kamu gak ulang tahun tapi aku ingin sekali kasih ini ke kamu" ucapan Mas Andi waktu itu kembali terngiang ditelinga Vivin.


Selama sebulan Mas Andi meluncurkan serangan PDKT akhirnya gara-gara sandal itu Vivin luluh juga. Sandal itu berisi sejarah hubunganya dengan Mas Andi.


"Wah dapat majikan baru nih..! semoga perempuan ini punya kaki yang indah dan gak bau jempol kaki" Sandal biru itu pertama kali membacakan do'a untuk majikan barunya


“Wah ... Mas Andi makasih ya, bagus banget!” Vivin girang mendapat sandal itu kebetulan selama ini dia hanya punya sepasang bakiak dan sepatu butut saja.


“Vin.. kakimu pecah-pecah ya? trus kadang maaf ya vin.. ada bau gak enak yang menyengat hidungku" waktu itu Mas Andi berkata jujur, tapi Vivin gak sakit hati, dia malah tersipu kegirangan.


“Ye Mas Andi.. gitu banget. Tapi gak papa Vivin seneng kok Mas Andi udah jujur gitu” Vivin merasa diperhatikan. Walaupun pipinya bersemu merah karna malu tapi hatinya sedang senang. Sampai sampai matanya tak berhenti mengerjap-ngerjap, tangannya bergerak-gerak gak jelas. Untung saja Mas Andi tidak mengiranya berpenyakit ayan.


“Ndal.. kamu lucu banget sih..! kamu bakal jadi penyimpan rahasia uneg-unegku ke Mas Andi!” waktu itu Vivin langsung membisikkan tugas sandal itu.


“Iya bos.. aku bakal nyimpen rahasiamu.. tapi aku kudu diperlakukan dengan baek ya.. mandikan aku tiap semiggu sekali, trus jangan lupakan aku lhoo boss..!” sandal biru itu menjawab ucapan Vivin.


Dan Vivin hanya mengangguk. Sejak itu sandal biru itu menjadi teman setia Vivin berbagi kisah tentang mas Andi.


******


"Ta .... kok kaya bau tai kucing ya?” Vivi mengenduskan hidungnya seperti seekor anjing mencari mangsa.


“Bau apa? enggak tuh? kowe sih.. mulut ama idung deketan.. jelas aja bau..! blom sikat gigi ya! baunya sampe’ jadi satu ruangan?" jawab Tata asal.


"Ta .. gue serius... baunya dari ruang tamu deh ta" Vivin sumringah


"Ta .. pasti itu bau sendal gue, semalam gak sengaja gue nginjek tai kucing" Vivin makin sumringah .. lompat-lompat kayak bola bekel.


“Ssreekk srek..." endusan hidung Tata bercampur dengan lendir, karna Tata sedang flu terdengar keras, kasar dan menjijikkan.


“Gak ada Vin... aku dak nyium bau apa-apa, hidungku buntu…! Hehehehe.."


"Ah dasar lu ta ... gue cari sendiri deh" Vivin mendengus seperti anjing pelacak, mencari sumber bau


“Lah.. Vin... jangan marah dong ! iya ini hidungku lagi nyumbat, aku bantu cari pake mata aja deh...!" Tata mengambil luv alias kaca pembesar. Tata bergaya mirip ditektif Conan


Sementara itu Sandal biru milik Vivin sudah hampir pingsan menunggu sehariann terjepit diruang itu. Bau tai kucing menambah penderitaannya. Rasanya sandal biru itu ingin sekali menangis.


“Aduh Bos…gimana sih?? Aku disini nih.. ! dah hampir mati lemes. dasarr majikan sembrono, dulu aja janjinya aku bakal dirawat baek-baek.. ! eh taunya sekarang di giniin..! mending aku gak laku deh.. biarin masuk box diskonan tapi banyak temen” Sandal biru itu terus saja menggerutu.


"Ya Tuhan.. ampunilah Bos saya ini.. meninggalkan barang kesayangannya di tempat begini, dalam keadaan seperti ini pula. Walaupun kakinya bau, kadang juga kapalan tapi saya sayang sama boss saya. Tuhan.. tolong pertemukanlah kami kembali Tuhan..! pliss dong akh....!! pliss dongg, God!!” sandal Biru itu memanjatkan do’a buat sang majikan


Akhirnya atas do’a dari Sandal Biru dengan hak tipis yang memelas (kata orang sih do’a orang teraniaya lebih cepat dikabulkan, tapi masalahnya ini kan bukan orang tapi Sandal huwehehehehe), mata batin Vivin terbuka kembali ia menengok ke arah jepitan meja dan ia melihat sebuah bayangan hitam bergerak kemudian dihampirinya.


“Sandalllll gue………. Dapeeeeeeeeett.. horee ketemuu!! gak jadi dicerai ama Mas Andi" Vivin lompat-lompat kegirangan, sendal yang kena tai kucing tanpa sadar dia peluk, dicium, ditimang- timang. Lucunya


“Sori Ta .. batal gue beliin lu bensin” Vivin segera meraih handuk biru bergambar Bags Bunny, lalu berlalu dari hadapan Tata masuk kekemar mandi, dan tak lupa membawa sandalnya.


Tata hanya geleng-geleng kepala melihat kesintingan temanya, lalu berlalu dan meneruskan kesibukkannya menggauli buku TTSnya kembali. Sebelum petang masalah hari itu selesai, akhirnya Vivin kembali cengar-cengir seperti cewek yang baru saja mencium tainya eh salah, cowoknya.

28Juni2007

Label:

 
posted by Duet Imoet at 21.01 | Permalink |


0 Comments: